Saturday, April 20, 2013

Instalasi mikrotik dalam virtualbox

INSTALASI MIKROTIK OS DALAM VIRTUALBOX

mikrotik adalah sebuah nama alat router yang dibuat oleh perusahaan di latvia. router mikrotik menggunakan sistem linux, mikrotik terbagi menjadi 2 produk yaitu versi fisik (routerboard) dan versi lunak Mikrotik OS. disini saya akan menjelaskan bagaimana cara instalasi dengan menggunakan mikrotik OS, dimana pihak perusahaan mikrotik yang menyediakan mikrotik OS dengan versi trial untuk 24 jam saja. untuk yang fulltime anda bisa membeli lisensinya. mikrotik OS dapat di download  di situs mikrotik resmi dan bisa langsung unduh disini. setelah terdownload (file berbentuk ISO), disini saya menggunakan mikrotik versi 5.12, langsung saja ke langkah - langkah instalasinya :
1. buka VirtualBox anda, pilih "New"

    
   setelah itu isikan seperti gambar diatas tersebut, lalu klik "NEXT"

2. Setelah itu muncul pengaturan memori yang akan digunakan mikrotik os ini, isikan 256 saja, karena mikrotik os ini prosesnya ringan. lalu klik NEXT

3. Kemudian pengaturan pembuatan harddisk virtual untuk mikrotiknya tersebut, pilih "create virtual hard drive now" lalu tekan "create"

4. pilih type harddisk default saja yaitu VDI, lalu click "NEXT"

5. pilih dynamically allocated, lalu "NEXT"

6. kemudian berikan nama virtual harddisknya dan atur kapasitasnya, disini saya menggunakan 2 GB saja, karena ukuran mikroti os sangatlah kecil.


7. Setelah selesai semua, pilih menu setting untuk mensetting network/interface yang akan digunakan dalam mikrotik osnya nanti. pada Adapter1 pilih yang host only adapter dimana nantinya jaringan mikrotik akan tersambung ke jaringan host komputer anda,

8. Untuk yang Adapater2 pilih internal network yang nantinya dapat tersambung dengan jaringan sesama virtual di virtual box lalu klik "OK"

9.  Setelah semua konfigurasi pada virtualbox terselesaikan, mulailah menjalankan virtualnya dengan menekan tombol "START"

10. setelah masuk menu startup virtualbox, keluarlah pemberitahuan untuk memasukan file ISO mikrotik tadi yang sudah didownload. tekan gambar folder bagian kanan seperti pada gambar dibawah ini :

11. pilih file mikrotik os lalu "Open"

12. setelah dimasukan file mikrotiknya tadi, langsung tekan tombol "start"

13. Mulailah booting ke instalasi mikrotiknya, tunggu beberapa detik, muncul menu instalasi mikrotik os

14. Tekan tombol keyboard "a" untuk menandai semua paket yang akan diinstal

15. setelah tertandai semua paket yang akan diinstall, tekan tombol keyboard "i" untuk memulai menginstall semua paket 
 muncul informasi "do you want to keep configuration?" ketikan "y" lalu enter untuk melanjutkan.

16. lalu muncul informasi untuk melanjutkan instalasi, ketikan "y" lagi dan tekan enter

17. proses intalasi akan berjalan, dan tunggu beberapa menit

18. setelah selesai tekan enter untuk reboot, dalam keadaan reboot matikan secara paksa virtual boxnya dengan menekan tanda silang bagian kanan atas, lalu pilih "power off the machine"

19. lalu pada menu setting atur booting pertama yang tadinya dari cd/dvd room menjadi harddisk di virtualnya, masuk ke setting 

 20. pada menu setting pilih tab system, bagian boot ordernya yang harddisk di move up lalu tekan "OK"
menjadi

21. kemudian jalankan kembali mikrotik osnya, muncul pemberitahuan untuk check disk, ketikan no saja



22. mikrotik telah terinstal di virtualbox anda untuk masuk ke menu konfigurasi ketikan username admin dan password kosongkan saja.





23. Dan setelah masuk ke mikrotik bagaimana menggunakan mikrotik ini, tunggu postingan saya selanjutnya,, selamat mencoba ya... :)







No comments: